Satpolairud Polres Pemalang Datangi Kapal Nelayan Diatas Laut

PEMALANG – Tiba-tiba para nelayan pencari ikan yang menggunakan kapal dikagetkan kedatangan petugas patroli Satpolairud Polres Pemalang, Kamis (10/3/2022).

Rupanya kedatangan petugas bukan untuk menangkap mereka (nelayan), namun hanya mengecek perlengkapan keselamatan melaut dan ketersediaan alat pemadam api ringan (APAR).

Tujuannya adalah guna mencegah terjadinya kebakaran terhadap kapal di tengah laut, dan ada 5 kapal nelayan yang dihampiri oleh petugas patroli Satpolairud.

Iptu Sudiyono, selaku Kasat Polairud mengatakan, kapal nelayan yang sedang mencari ikan didatangi satu persatu oleh kapal patroli Satpolairud Polres Pemalang untuk dicek secara langsung, perlengkapan keselamatan kapal yang dibawa.

“Setiap nahkoda kapal diimbau untuk membawa APAR, sehingga bila ada percikan api di kapal dapat ditangani dengan cepat. Selain perlengkapan keselamatan melaut seperti jaket pelampung, ring boy, APAR dan kotak P3K, kami juga melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal,” imbuh Iptu Sudiyono.

Di tengah kegiatan pengecekan, personil juga mengimbau para nelayan agar selalu menjaga kesehatan saat melaut dengan tetap memakai masker.

“Tidak hanya menyampaikan imbauan protokol kesehatan Covid-19, kami juga membagikan masker gratis kepada para nelayan,” pungkas Kasat Polairud Polres Pemalang. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *