Kejurcab Pagar Nusa Meriah Dihadiri Para Tokoh

Peristiwa22 views

 

SEMARANG-Kejuaraan Pencak Silat Cabang (Kejurab) Pagar Nusa Kota Semarang, ternyata mengundang antusiasme banyak orang. Puluhan tokoh menghadiri pembukaanya, dan banyak pula yang menonton jalannya pertandingan.

Dalam even yang diadakan di Gedung Balaikota selama dua hari, Sabtu-Ahad (22-23/1/2022), hadir Walikota Semarang Hendra Prihadi, Rois Syuriyah PCNU Kota Semarang KH Hanief Ismail. Serta anggota DPRD Kota Semarang Sodri, Dandim 0733/Kota Semarang Lekol.Inf. Honi Havana, dan Ketua KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara. Hadir pula anggota DPRD Jateng Tazkiyyatul Muthmainnah, Ketua Lazisnu Jateng Muhammad Mahsun.

Menyusul kemudian, Ketua Pimpinan Wilayah PSNU Pagar Nusa Jawa Tengah H Arief Rohman. Bupati Blora yang terpilih memimpin Pagar Nusa Jateng paga Agustus lalu ini didampingi wakil ketua Dr M Rikza Chamami dan Sekretaris Ghufron.

Selain itu, para tokoh silat sepuh yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Semarang, beserta seluruh ketua padepokan silat se-Kota Semarang. Tak ketinggalan para ketua badan otonom NU dan lembaga PCNU Kota Semarang, serta para ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU se-Kota Semarang.

Lima tokoh diantaranya, disematkan baju hitam silat sebagai anggota kehormatan Pagar Nusa. Kyai Hanief Ismail didampingi Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kota Semarang Lukman Muhajir menyematkan baju yang telah dibordir nama panggilan ala silat.

Yaitu Kang Hendi selaku bapaknya warga Kota Semarang, Kang Mahsun selaku sesepuh Pagar Nusa Kota Semarang, Kang Sodri pembina Pagar Nusa, Mbak Iin wakil rakyat Kota Semarang di DPRD Jateng, dan Kang Arnaz selaku bapaknya insan olahraga Kota Semarang.

“Benar-benar meriah, senang sekali menghadiri acara ini. Sudah lama banget kita tidak berkumpul saling sapa dalam acara besar begini,” tutur pembina IPSI Kota Semarang Gus Adri kepada panitia usai mengikuti Pembukaan Kejurcab Pagar Nusa di Balaikota Semarang, Sabtu, (22/1/2022).

“Dua tahun kita tertahap tidak berjumpa ramai-ramai, karena adanya pandemi. Pagar Nusa sungguh telah melepas kerinduan kita,” sahut sesepuh insan silat Kang Dayat dan Kang Dompas yang lantas berbincang dengan para ketua padepokan.

Meriahnya acara tersebut juga karena ada 200 atlet bertanding dalam Kejurcab ini. Mulai usia dini (SD) sampai usia dewasa (mahasiswa). Mereka berada dalam 17 kontingen, yang masing-masing didampingi para pelatih dan offisial. Belum lagi, para orang tua mereka yang ikut hadir menyemangati. Plus teman-teman sekolah atau saudara, kakak atau adik yang menjadi suporter. Sehingga meriah beneran.

Sikap Walikota sendiri tak kalah hebohnya. Pemimpin yang akrab disapa Mas Hendi ini dalam sambutannya memberi tiga kuis yang masing-masing harus dijawab oleh tiga pesilat mewakili kontingen.

“Hayo.. siapa yang tahu, Pagar Nusa ulang tahun setiap tanggal berapa?” Tanya Hendi kepada tiga atlet cilik yang dipanggil naik ke panggung.

“Tanggal tiga Januari….,” ujar mereka bersahutan dengan cara gantian memegang mic.

“Betul, Pak Lukman?”, tanya Hendi seraya menoleh ke Lukman Muhajir. Lukman langsung mengangkat dua tangan dengan dua jempot, tanpa membenarkan.

“Nah, ini uang dibagi ya…,” tutur Hendi mengusap kepala mereka seraya menyerahkan amplop berisi Rp 500 ribu.

“Hayo siapa lagi yang mau maju menjawab dapat hadiah Rp 500 ribu… pertanyaannya, usia Pagar Nusa sudah berapa tahun?,” sapa mesra Hendi melanjutkan memberi kuis hingga tiga kali.

Setelah para atlet tertawa riang bersama, sang Walikota langsung merangsek duduk di tengah-tengah mereka, lesehan di lantai, foto bersama rame-rame.

“Horeee…ciaat,” teriak mereka lalu berpose gaya kuda-kuda depan ketika foto bersama Walikota Hendi.

Usai sambutan singkat, Hendi lantas memberikan satu buah piala besar untuk kontingen yang juara umum kepada Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kota Semarang Lukman Muhajir.

(Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *