Meriahnya Lomba Rails to Rails di Ambarawa, Ada Danrem 073/Makutarama

Tni-Polri3 views

SEMARANG – Mesastila SPA & Resort Ambarawa menyelenggarakan kegiatan start Rails to Trails berlokasi di Stasiun Ambarawa Dusun Temenggungan, Kelurahan Panjang Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, ditulis Senin (14/3/2022).

Kegiatan ini digelar dalam rangka Mesastila 100 ke 11 tahun 2022. Lomba yang pernah diadakan di tahun 2011-2014 menjadi pioneer lomba lari trail di Indonesia.

Komandan Korem 073/Makutarama Kol Arm Putranto Gatot Sri Handoyo Ikut dalam lomba ajang Mesastila Rails to Rails 16 K Tahun 2022 tersebut.

Sandiaga Uno, selaku Menteri Pariwisata Perekonomian Kreatif turut mengikuti lomba dengan mengambil start dari Stasiun Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Mereka finish di Stasiun Mayong-Losari yang dijadikan sebagai front office Mesastila Resort di Desa Losari, Kecamatan Grabag, Magelang.

“Sandiaga berharap, pada pelaksanaan Mesastila Rails to Trails 16 K mendatang, kereta api uap yang melayani rute wisata Ambarawa-Bedono juga dijalankan, sehingga para pelari bisa merasakan sensasi lainnya yakni berlari seperti mengejar kereta api,” kata Sandiaga Uno, Minggu (13/3/2022).

Rails to Trails ini adalah lomba lari lintas alam atau lari trail, yang disebut paling unik karena berlari menyusuri lintasan rel dan menyeberangi jembatan antik kereta api uap.

Event ini juga merupakan perlombaan lari lintas alam yang melewati jalan pedesaan, perkebunan, sawah serta pergunungan dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan mempromosikan potensi wisata di Jawa Tengah, agar kembali menggeliat serta membantu memulihkan ekonomi.

Diketetahui, Ambarawa merupakan salah satu kota bersejarah budaya dan warisan di Jawa Tengah, dimana kereta uap antik dioperasionalkan melintasi Ambarawa menuju Magelang.

Sedangkan, Stasiun Ambarawa sebagai stasiun kereta api Kelas 1 yang kini dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Pun merupakan museum perkereta-apian pertama di Indonesia. Sebuah warisan dari era kolonial Belanda dan kereta api ini merupakan aset penting pariwisata di Ambarawa, Jawa Tengah.

Turut hadir, Walikota Bogor selaku Ketua Asosiasi Lari Trails Indonesia (ALTI) Bimo Arya Sugiarto, ratusan pelari dari berbagai kota di Indonesia dan dari lima negara lainnya. (Adi/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *